Jumat, 14 November 2014

"PATAH SATU TUMBUH SERIBU :)"



PATAH SATU TUMBUH SERIBU
“When one door closes, another opens; but we often look so long and so regretfully upon the closed door that we do not see the one which has opened for us. – Alexander Graham Bell”



Putus cinta, siapa yang menginginkan? Kehilangan orang yang disayangi tentu akan terasa menyakitkan, terutama bagi yang ditinggalkan. Beragam emosi negatif muncul dan butuh waktu yang berbeda-beda bagi setiap orang untuk pulih kembali. Ada yang sebulan, dua bulan, atau lebih lama. Seorang teman bahkan pernah bercerita bahwa ia butuh waktu lebih dari 1 tahun untuk berhenti memikirkan mantannya. Sesulit itukah untuk move-on?:)
Patah Hati mungkin bisa digolongkan dengan sakit hati kali yah , nah kalo udah inget sakit hati saya jadi ingat pepatah mengenai ”sakit mata bisa dikasih obat mata, tapi kalo sakit hati akan dibawa mati” (Bener ga yah?) maka mungkin pepatah itu bener banget. Coba saja anda bikin sakit hati seseorang, jika itu anda lakukan dan anda tidak pernah minta maaf sama orang itu maka yang terjadi orang itu akan benci anda sampe mati.
Kamu sering dengarkan, pepatah “Jodoh nggak akan lari kemana?”. Jika dia memang jodoh yang ditakdirkan buat kamu, nggak peduli seberapa lama kalian udah putus atau seberapa jauh jarak antara kalian sekarang– dia pasti akan kembali. Kenyataannya, hubungan perasaan antar manusia kadang nggak sesederhana itu.
Kamu akan mengalami masa-masa sulit saat kalian baru putus. Masa-masa galau saat dia nggak juga ngajak kamu balikan. Dan yang paling parah, kamu akan merasakan masa-masa patah hati saat tahu bahwa sekarang dia sudah bersama orang lain dan tidak lagi mencintai kamu.
Berikut ini adalah langkah-langkah buat kamu yang baru saja putus cinta atau bahkan yang baru saja ditinggalin seseorang pas lagi cinta – cintanya:
1.    Berhenti menghubungi mantan


Apapun alasannya, baik untuk sekedar menanyakan kabar, meminta maaf, dan berbagai alasan-alasan lainnya. Menghubungi mantan ketika anda baru putus tidak akan memberikan hasil yang positif. Jika anda berada dalam posisi yang diputuskan, bisa jadi mantan anda justru merasa terganggu dan semakin menjaga jarak dengan anda. Riset yang dilakukan oleh Sbarra dan Emery (2005) menemukan bahwa seseorang yang melakukan kontak dengan pasangannya – baik melalui telepon atau bertemu langsung – memiliki kesedihan yang lebih tinggi. Demikian juga ketika seseorang ditanya “Apa yang anda rasakan jika anda bertemu dengan mantan anda?” Orang tersebut melaporkan rasa kesedihan yang lebih tinggi dan signifikan. Jangan coba-coba untuk menghubungi mantan anda, kecuali jika anda sudah benar-benar move on karena tindakan tersebut dapat memperparah keadaan emosional anda.


2.  Singkirkan Semua Hal Yang Mengingatkan Kamu Tentang Dia


Hapus seluruh kenangan yang masih ada di ponsel atau gadget anda. Hapus semua fotonya yang anda simpan di ponsel anda. Hapus seluruh arsip SMS, chat, atau e-mail dari dia. Buang semua kenangan bersama dia. Riset yang dilakukan oleh Sas dan Whittaker (2013) menyarankan hal ini. Menyimpan jejak kenangan digital anda bersama si dia membuat anda rentan melihatnya kembali.  Hal ini akan mempersulit anda untuk melupakan sang mantan dan justru mengingatkan anda kembali dengan si dia. Anda akan semakin sulit untuk move on.Percaya deh, dengan terus hidup bersama kenangan tentangnya nggak akan bikin kamu merasa lebih baik.”
3.  Menghindar Buat Sementara Waktu Itu Nggak Masalah


Kamu mungkin pernah denger istilah kalau putus cinta bukan berarti harus putus hubungan pertemanan. Tapi kalau kamu merasa butuh waktu untuk menata perasaan, menghindar sementara dari dia itu nggak masalah kok. Sebisa mungkin hapus dia dari kehidupan kamu karena toh pada akhirnya kamu harus membiasakan diri untuk hidup tanpanya. Sebesar apapun keinginanmu untuk tahu kabar dia, jangan biarkan dirimu kalah. Kalau kamu tidak siap menghapusnya sekarang, maka mungkin kamu nggak akan pernah siap.
4.  Curahkan Perasaan Ke Orang Yang Kamu Percaya


Tips Keempatnya adalah Curhat dengan orang yang anda percaya. (curhat ke aku juga gpp kuq...(^_^) Curhatlah pada orang yang kamu percaya, menangislah. Biarkan semua rasa perih kamu keluar bersama air mata. Biarkan semua beban hilang dari hati dan pundakmu.
5.  Habiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Teman-Temanmu



Tips kelimanya adalah anda pergi dengan teman-teman anda yang bisa membuat anda senang atau bisa dikatakan humoris (Kayak saya). Kalo soal pergi kemana, itu terserah anda saja. Kalo anda ingin pergi ke masjid ya oke, ke mall oke pokoknya yang penting itu tempat yang bisa membuat anda enjoy.
Nggak ada hal yang bisa membuatmu merasa lebih baik selain membagi kesedihanmu dengan teman-teman terdekat. Mereka adalah orang-orang yang selalu ada buat kamu disaat kamu butuh tempat berbagi. Coba deh kamu telepon mereka dan ajak mereka untuk keluar dan bersenang-senang. Bergembiralah supaya kamu bisa melupakan kesedihan kamu karena patah hati.
6.  Kembali Belajar Untuk Mencintai Diri Sendiri


Saat kehilangan sesuatu, ada baiknya kamu coba ingat bagaimana hidupmu dulu saat masih sediri. Mungkin kamu tidak sebahagia saat bersama dia, tapi jangan lupa fakta bahwa saat itu kamu baik-baik saja. Kamu bisa tetap tertawa dan bahagia. Mungkin kehilangan dia menyisakan tempat kosong di hati kamu, tapi bukan berarti duniamu akan berhenti.
Cobalah untuk belajar mencintai diri kamu sendiri lagi. Percaya deh, kalo dulu kamu baik-baik saja tanpa dia, kamu juga akan baik-baik saja sekarang.


7.  Lakukan Hal-Hal Yang Kamu Suka



Tips yang ketujuh dari pakar cinta di Indonesia adalah manjakan diri anda dengan melakukan aktivitas atau kegiatan yang merupakan hobi anda. Manjakan diri anda dengan hobi-hobi yang anda senangi. Contoh : Jika anda saat ini putus cinta, segera saja lakukan hobi anda. Entah itu sepak bola, dengerin musik, travelling, nge-net, nge-blog, atau makan maka dijamin 75% kesedihan anda akan berkurang. Asli deh top markotop tips saya.

8.    Jangan mencari pelampiasan atau pelarian cinta


Tips berikutnya adalah Jangan pernah mencari pelarian cinta.(INI PERNAH AKU COBA LHO...))) SUMPAH NYESEL!!!)) Jangan coba-coba yang satu ini. Karena jika anda mencari pelarian cinta (emang cinta bisa lari??) yang ada anda malah menghancurkan perasaan seseorang yang anda buat pelarian atau pelampiasan. Dan hal ini akan jadi masalah baru yang rumit.

9.   Ingat, Jodohmu Yang Sebenarnya Masih Menunggu Di Luar Sana


Saat kamu merasa sudah mulai bisa melupakan mantan, jangan takut untuk memulai hubungan baru. Jangan biarkan pengalaman patah hati yang pernah kamu rasakan membuat kamu jauh dari kebahagiaan. Ingatlah jika mantan kekasihmu bukan pria yang ditakdirkan untuk mendampingi kamu, maka jodohmu yang sebenarnya masih menunggu di luar sana.
Jangan terlalu larut dalam kesedihan, perbaiki diri dan percaya Allah akan mempersiapkan seseorang yang jauh lebih baik untuk kita.

Nah, itu tips move on yang bisa saya bagi kawan. Semoga bisa lekas move on dan bertemu dengan cinta yang sebenarnya. :)

Go go go !!! MOVE ON , MOVE AWAY, and KEEP SPIRIT
Good Luck Friend!! :) :)











1 komentar: